Resep dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

info Sehat! Inilah resep dan cara mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat. Seperti yang kita ketahui sembelit merupakan kondisi dimana sisa makanan yang sudah di proses tubuh berada terlalu lama dalam usus besar Anda. Lalu bagaimana cara mencegah atau cara alami mengatasinya?

Cara Mengobati Sembelit

Nah sebagai obat alaminya adalah perbanyak makan buah pepaya. Karena manfaat pepaya tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga membantu mencegah sembelit.

Adapun manfaat lain yang terkandung dalam buah pepaya antara lain:
  • Membantu untuk mendapatkan serat dan memiliki sifat anti-kanker.
  • Untuk menurunkan kolesterol
  • mencegah pembentukan batu ginjal
  • mencegah infeksi oleh parasit usus
  • membantu system kekebalan tubuh
  • dan dapat merangsang produksi ASI bagi Ibu menyusui.

buah pepaya
Pepaya mengandung papain, enzim yang membantu mencerna protein (terutama makanan dengan gluten). Enzim ini banyak ditemukan dalam pepaya segar. Enzim dalam buah pepaya membantu mencegah akumulasi mucoprotein (protein yang dicerna sebagian) dalam tubuh dan sistem limfatik. Bahkan, papain telah diekstrak untuk membuat suplemen makanan untuk pencernaan. Dengan demikian, pepaya muda dianggap memiliki kekuatan penyembuhan lebih untuk sembelit dari yang matang.

Pepaya merupakan sumber serat yang baik. Serat mampu menjaga racun penyebab kanker di usus besar. Mereka yang mengalami sembelit atau berisiko kanker usus besar harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi pepaya. Kandungan pepaya adalah
folat, vitamin C, vitamin A, beta-carontene dan vitamin E yang membantu penurunan risiko kanker usus besar.

Selain itu, nutrisi antioksidan yang ditemukan dalam pepaya juga telah terbukti mengurangi peradangan otot dan penyembuhan luka bakar dan luka lainnya.

Untuk mencegah sembelit dan untuk semua manfaat kesehatan lain, berikut adalah tiga resep sederhana pepaya:
  1. Minuman energi pepaya dan susu. Potong pepaya dan blender dengan susu dengan perbandingan 50:50. Tambahkan madu jika diinginkan. Minuman ini baik bagi anak-anak yang sedang tumbuh.
  2. Salad pepaya. Buah pepaya muda, tomat, bawang putih cincang, 2 sendok makan saus ikan, 1 sendok air jeruk nipis, ketumbar, kemangi, 1 sendok mint cincang, cabe dan gula secukupnya.
  3. Jus pepaya mentah. Jus ini sangat baik untuk system limfatik dan setelah makan makanan berat yang penuh dengan gluten.

Demikian info lengkap mengenai resep dan cara mengatasi sembelit secara alami serta manfaat yang terkandung dalam pepaya, dan mudah-mudahan bagi anda yang sedang menderita penyakit sembelit ini lekas sembuh setelah mengkonsumsi buah pepaya setiap hari.

Baca juga Khasiat dan Manfaat Buah Lemon untuk Tubuh.

*dikutip dari OkeHealth

tips cara cepat hamil
DMCA.com

Resep dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

URL : http://usehat.blogspot.com/2012/10/resep-dan-cara-mengatasi-sembelit.html
Silahkan sebarluaskan artikel kesehatan di atas, namun jika di-copy-paste harap sertakan juga link sumbernya. Salam Sehat! Terima kasih...

1 comments:

Jelly Gamat said...

terima kasih banyak sudah sharing resep yang sangat bermanfaat ini gan,